5PENYEBAB MOTOR MATIC BERDENGUNG
mengatasi motor matic berdengung-
motor berteknogi matic memang sudah banyak sekali digemari di masarakat kita terutama kaum prempuan,cara pakainya yang mudah tidak perlu repot-repot mindahkan gigi sebab menggunakan transmisi otomatis dimana laju kecepatan bisa diatur si pengemudi berbeda dengan manual yang mempunyai pemindahan gigi 4 sampai 5 bahkan 6 dimana setiap gigi mempunyai batas tingkat kecepatan yang berbeda-beda.
motor berteknogi matic memang sudah banyak sekali digemari di masarakat kita terutama kaum prempuan,cara pakainya yang mudah tidak perlu repot-repot mindahkan gigi sebab menggunakan transmisi otomatis dimana laju kecepatan bisa diatur si pengemudi berbeda dengan manual yang mempunyai pemindahan gigi 4 sampai 5 bahkan 6 dimana setiap gigi mempunyai batas tingkat kecepatan yang berbeda-beda.
salah satu kelebihan matic lebih gesit &lincah di banding motor manual,ini juga menjadi poin bagi motor ini tidak heran jika jumplah penjualan diangka yang cukup besar dipasar indonesia.
motor matic dilengkapi dengan yang namanya cvt atao
(continous fariable transemissien) ialah merupakan alat penggerak otomatis yang merupakan bagian alat penerus putaran dari engine atao mesin kebagian roda belakang menggunakan sabuk karet yaitu V-BELT sebagai pengganti rantai. ada beberapa macam komponen pada bagian cvt yang apabila mengalami keausan maka akan timbul suara brisik berdengung dan kasar bahkan tarikan motor berkurang atao menjadi berat saat akselarasi,
tentunya ini sangat mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara, adanya gejala seperti diatas menandakan adanya kerusakan pada komponen didalamnya, terkadang banyak juga yang tidak meyadari atao membiarkan saja padahal ini bisa berakibat fatal karna jika tidak segera di perbaiki kerusakan bisa merembet ke komponen yang lain.
lalu kira-kira apa saja yang menjadi penyebab motor matic berdengung?
Penyebab dan cara mengatasi motor matic berdengung
berikut beberapa penyebab dan gejalanya1.bearing klaher as cvt
fungsi part yang satu ini ialah menjaga agar poros ass roda tidak langsung bergesekan sehingga putaran roda menjadi lancar & setabil.
meskipun kecil tapi sangat besar pengaruhnya karna apabila mengalami kerusakan dampaknya bisa merembet ke asroda,
bagian yang sering aus biasanya kuningan bulat yang berada di tengah karna selalu bergesekan dari putaran asroda maka lama kelamaan akan aus,
gejala biasanya apabila mengalami keausan maka tarikan gas akan terasa berat karena gaya gesekan terhambat &terdengar bunyi ngung di bagian belakang CVT, jika terjadi gejala seperti ini maka lkukanlah pemeriksaaan &penggantian agar krusakan tidak merembet.bagian yang sering aus biasanya kuningan bulat yang berada di tengah karna selalu bergesekan dari putaran asroda maka lama kelamaan akan aus,
2.bearing sliding sehave
sliding save adalah salah satu bagian komponen pada cvt,yaitu sebagai salah satu dari puley sekondary yang berfungsi sebagai buka tutup puley itu sendiri &sebagai penerus gerak putaran dengan V-belt juga sebagai penghubung antar puley. pada sliding shave ini terdapat beberapa bagian yang cukup fital yang apabila mengalami kerusakan maka bisa berpengaruh &berakibat pada komponen lainya sehingga kinerja buka tutup puley tidak berfungsi dengan baik.karna kerjanya yang buka tutup & bergeser maka lamakelamaan akan aus & apabila ini aus maka akan tedengar bunyi mendengung ketika gas di tutup&jika kerusakan inipun tidak segera diperbaiki maka bisa merusak komponen yang lain seperti gear bok &gardanya
3.oli geer box tidak di ganti
oli gardan untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis,
karna banyak sekali komponen2 yang bergesekan didalam transmisi otomatis ini yang apabila tidak dilumasi atao pemakaian oli yang terlalu lamamaka akan trdengar berisik dan berdengung
&part2 akan cepat aus,terkadang ada juga yang meremehkan oli gardan dengan jarang menggantinya padahal fungsi oli ini sangat penting untuk melancarkan kinerja geer rasio pada transmisi otomatis ini.waktu normal penggantian oli gardan biasanya di ukur dari jarak tempuh kendaraan,padasaatasaat jarak tempuh sudah mencapai 6000 km atao satu banding tiga dengan penggantian oli mesin, agar pemindahan gigi otomatis tetap lancar serta komponen-komponen cvt agar awet pemakaianya pastikan oli transmisi metik anda diganti secara rutin.
4.roler sudah peang
roler berfungsi sebagai penggerak puley depan &memunkinkan V-belt naik turun saat dihidupkan, bentuk roler sangat mempengaruhi performa motor matic.bentuk roler yang baik harusnya bundar apabila bentuknya sudah peang gejalanya biasanya tarikan trsa berat &ktika jalan tidak enak dibawa ndut2tan&terdengar suara brisik dari bagian cvt,
Solusinya untuk part yang bernama roler ini apabila sudah rusak tidak bisa untuk di perbaiki kecuali di ganti.
5.karet v-belt aus
kerja v-belt ialah untuk meneruskan putaran pulley depan mesin menuju pulley bagian belakang (roda).
usia pemakainya memiliki jarak tempuh,gejal biasanya apabila sudah aus? ketika jalan motor begetar dan tarikan awal terasa berat & pada saat jalan begitu gas dirurunkan terdengar suara berdecit/brisik ini menandakan v-belt yang memasuki masa penggantian.
Baca: tips memilih oli yang baik untuk motor matic
demikianlah pembahasan tentang penyebab motor matic berdengung semoga mermanfaat.
Baca: tips memilih oli yang baik untuk motor matic
demikianlah pembahasan tentang penyebab motor matic berdengung semoga mermanfaat.
Komentar
Posting Komentar