6 Penyebab Motor Kurang Tenaga saat di Tanjakan
Mengatasi motor kurang tenaga-
Memang sungguh menyebalkan ketika performa motor berkurang tidak seperti biasanya terlebih saat menanjak padahal sudah tancap gas sampai mentok baru beberapa jarak di tanjakan tenaga motor loyo seakan tidak mau lari apa penyebabnya?Selain karna faktor usia motor yang sudah cukup tua? salah satu yang membuat power atao tenaga motor berkurang ialah sistem pembakaran yang tidak sempurna,
kenapa demikian?
tenaga motor dihasilkan dari mesin sementara tenaga yang di hasilkan bersumber dari pembakaran didalam ruang bakar tertutup yang disebut (combustien chamber) &syarat terjadinya pembakaran ini memerlukan 3faktor
kenapa demikian?
tenaga motor dihasilkan dari mesin sementara tenaga yang di hasilkan bersumber dari pembakaran didalam ruang bakar tertutup yang disebut (combustien chamber) &syarat terjadinya pembakaran ini memerlukan 3faktor
yaitu
- pengapian
- campuran bahan bakar &udara
- tekanan kompresi yang cukup
Penyebab Motor Loyo
1.Setelan karburator yang tidak tepat
Tidak sedikit orang menyetel karburator hanya tau pilot jet &mainjetnya saja padahal itu belum cukup kedua baut ini hanya fokus pada putaran rendah &putaran tinggi saja bagaimana diputaran menengah (jarum sekep) kalo ini dibiarkan saja tentu motor akan mbrebet saat di gas tiba-tiba dan pada sa'at turun gas lalu kemudian di tarik kembali mesin akan menggelitik seperti kekurangan bensin, jadi ketiga ini harus di setel secara tepat lantas bagaimana cara setingnya silahkan2.Tekanan kompresi menurun
Kompresi berperan penting terhadap pembakaran, campuran bahan bakar akan mudah terbakar apabila menerima tekanan yang tinggi, jika tekanan kompresi menurun maka tarikan motor menjadi berkurang hal ini terjadi karna adanya kebocoran.Langkah yang harus dilakukan ialah mendeteksi darimana bocor itu berasal,
untuk mendeteksinya bisa di lihat dari kenalpot, apabila kenalpot mengeluarkan asap putih pada motor 4tak maka sudah bisa dipastikan bahwa ring piston atao silindernya yang aus,
kalo dibarengi dengan suara kasar mungkin saja kebocoran berasal dari katup, namun apabila terdengar suara ngowos bisa berasal dari siel busi.
Semunya perlu di cek satu persatu lalu segera lakukanlah penggantian komponen jika sumber masalahnya sudah di temukan.
3.Filter udara yang kotor
Fungsi filter ialah untuk menyaring udara bebas dari luar yang akan menuju kedalam ruang pembakaran agar selalu bersih,apabila filter kotor maka bisa menghambat masuknya udara ke dalam ruang bakar tersebut sehingga kebutuhan dalam pembakaran tidak terpenuhi dengan baik akibatnya tarikan motor menjadi berat pada rpm rendah maupun tinggi konsumsi bbm menjadi boros &pembakaran tidak berlangsung sempurna. Maka sebaiknya segera bersihkan saringan udara ini.
hal ini juga bisa membuat motor susah hidup.
4.Pengapian lemah
Faktor berikutnya yang menjadi penyebabnya ialah sistem pengapian yang kurang baik. Ini sangat berpengaruh sebab ketika motor pengapianya sudah melemah maka tidak akan mudah memenuhi kebutuhan diruang bakar sehingga menyebabkan pembakaran tidak sempurna,hal ini juga bisa membuat motor susah hidup.
Untuk mengetahui komponen pengapian mana yang lemah? anda bisa mengecek beberapa komponen seperti berikut.
- BUSI.untuk mengecek keaadaan busi masih berfungsi baik/tidak? silahkan copot busi tempelkan dengan bodi mesin lalu clicksetarter, apabila memercikan bunga api berwarna biru brarti kondisinya masih baik, tapi bila bunga apinya merah berarti busi sudah lemah.
- CDI.ciri-ciri cdi lemah ialah mesin motor susah dihidupkan, hal ini masih bisa diperbaiki carnya bonkar cor atao penutup dari bahan karet lalu ganti komponen yang rusak, untuk mengecek kerusakan bisa menggunakan alat voltmeter.
- PULSER.gejalanya hampir sama seperti cdi yang lemah
- SEPUL. bila ini sudah rusak biasanya lampu akan mudah mati pengisian acu berkurang &acu cepat tekor.
- KOIL.apabila koil lemah biasanya jika padasaat berjalan beberapa kilo meter /mesin sudah panas api tiba-tiba hilang.
5.Kampas kopling aus
Berbeda dengan pembakaran tapi perananya sangat penting karna fungsi dari kampas kopling ini sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi yang akan menggerakan motor,ketika kanfas kopling ini sudah tipis maka mesin tidak akan bisa bekerja maksimal karna tidak ada tenaga yang disalurkan ke transmisi tersebut.Semua kampas kopling mempunyai waktu usia pakai berdasarkan pemakaian jarak tempuh &yang menyebabkan kampas kopling cepat tipis ialah cara pakai yang tidak wajar/sembarangan.
lalu bagaimana ciri-ciri kampas kopling yang sudah aus ini? berikut penjelasanya.
- selip,ini terjadi saat putaran mesin tidak mampu disalurkan ke transmisi, walo kopling sudah dilepas.
- jika kampas kopling sudah molai tipis biasanya ditandai motor tertahan saat mau jalan dan pada sa'at kopling dilepas tarikan motor berat dan tidak mau bergerak.
- tenaga &kecepatan motor berkurang. ketika kampas habis otomatis kopling akan selip &tenaga akan terbuang karna tidak bisa menyalurkan ke transmisi.
- mesin kasar, sura kasar ini timbul karna flywheel dengan kampas gergesekan sehingga menyebabkan suara yang kasar bahkan sampe bergetar
- mesin cepat panas. apabila dua part ini saling bergesekan maka akan menimbulkan panas, ini terjadi bila kampas sudah aus maka panas yang dihasilkan meningkat melebihi dari biasanya.
- Sulit oper gigi. kalo ini sudah parah akibat panas yang dihasilkan dari gesekan tersebut maka kampas akan melekat pada flywheel, tuas akan keras ditarik &persneling sulit di oprasikan.
6.Ukuran gier yang tidak sesuai
Penyebab berikutnya ialah tidak jauh dengan nomer lima,energi panas yangdihasilkan akan dirubabah menjadi energi putar oleh enkol, selanjutnya pemindahan tenaga terakhir digunakan untuk menggerakan roda,
Rantai &geer merupakan bagian dari sistem pemindahan tenaga dari geer depan ke belakang maka ukuran gier juga berpengaruh terhadap tenaga motor, mata geer dengan jumplah yang banyak cocok untuk daerah-daerah menanjak seperti pegunungan dimana tarikan semakin tinggi dan membuat mesin motor bekerja maksimal, berbeda dengan jumplah mata geir yang sedikit, awalnya terasa sedikit berkurang tapi padasa'at posisi top speed?tarikan lebih kencang.
Ukuran geir ini cocok untuk daerah pesisir dimana jarang ditemui jalan yang menanjak panjang.
Demikianlah pembahasan tentang penyebab motor kurang bertenaga, semoga bermanfaat.
Demikianlah pembahasan tentang penyebab motor kurang bertenaga, semoga bermanfaat.
Mantul postingannya semoga bermanfaat buat para Riders semuanya... Salam sukses
BalasHapus