6CARA MENGHIDUPKAN MOTOR INJEKSI YANG MOGOK

Mengatasi motor injeksi mogok-
Motor dengan teknologi injeksi nampaknya sudah tidak asing lagi di masarakat kita, penggunaannya yang mudah karna tidak perlu repot2 menyetel rpm untuk menemukan AFR yang pas sebab semuanya sudah terseting melalui komputer dengan tepat sehingga pencampuran udara dan bahan bakar selalu sesuwae dengan kebutuhan mesin.

Itulah kenapa pemakaian motor injeksi irit bbm serta lebih bertenaga dan sedikit mengluarkan folusi, ini karna pembakaran yang terjadi lebih sempurna sehingga emisi gas buang pun menjadi lebih bersih.

Namun demikian bukan berarti motor injeksi terbebas dari namanya kendala seperti mogok sama halnya yang sering terjadi pada motor karburator, motor injeksi juga bisa mengalami hal demikian namun penangananya agak berbeda dan sedikit lebih rumit karna hampir sebagian Sistem kerja injeksi menggunakan alat control electronic/
ECU, yaitu suatu sistem yang bekerja untuk menerima lalu menghitung semua data dari semua sensor yang ada di dalam mesin, seperti jumplah udara dan bahan bakar yang di butuhkan suhu,tekanan,dan lainya, maka dari itu tentu penting bagi anda untuk mengetahui semua itu agar lebih memahami tentang "apa yang menjadi penyebab motor injeksi mogok"

Penyebab motor injeksi mogok dan cara mengatasinya

Berikut beberapa penyebabnya

1.Busi lemah

Salah satu hal yang bisa membuat mesin bisa hidup dan bekerja adalah karna adanya pengapian sebab tujuan dari pengapian ini untuk membakar bahan bakar dan udara yang sudah terkompres di dalam silinder.

Pengapian itu sendiri akan terjadi apabila ada komponen utama salah satunya busi yaitu komponen yang bertugas untuk meloncatkan api di dalam ruang pembakaran, maka dari itu kualitas komponen ini sangat berpengaruh terhadap nyala mesin, jika kondisinya lemah maka api yang di keluarkan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehingga proses pembakaran yang terjadi tidak normal bahkan sulit terjadi,hal ini bisa menyebabkan motor injeksi anda mati mendadak.
Lantas apa yang menjadi penyebab percikan api busi lemah?
Untuk mengetahuinya silahkan baca: 5penyebab nyala api busi kecil

Untuk solusinya coba anda cek kondisi busi masih baik atao tidak, caranya seperti yang sudah di jelaskan di artikel lanya yaitu dengan cara mencopot busi lalu dekatkan ke badan mesin selanjutnya click starter dan lihat api yang di percikan, jika kecil itu tandanya busi sudah lemah dan harus di ganti.

2.Masalah pada fuelpump 

Selanjutnya jika komponen di atas sudah di cek dan kondisinya baik-baik saja namun motor tetap tidak bisa hidup mungkin bisa saja penyebabnya berasal dari fuel pump sebab pungsi fuel pump pada motor injeksi ini sangat fital tugasnya untuk menyuplai skaligus memompa bbm ke injektor dengan tekanan yang telah di tentukan agar injektor bisa menyemburkan bahan bakar, jika fuel pump eror atao terganggungu fungsinya maka bbm yang di semburkan tidak normal bahkan berhenti sehingga menyebabkan pembakaran terhambat dan mesin akan mati serta sulit untuk di hidupkan, sebelum terjadi mogok ciri cirinya dapat di knali dari tenaga motor yang berkurang dan motor brebet ktika tarikan kencang ini di karnakan kurangnya asupan bbm ke injektor.

3. Aki tekor

Sistem kelistrikan pada motor injeksi sangat menentukan pada oprasi mesin karna hampir semua komponen dalam injeksi sangat bergantung pada kelistrikan  salah satunya sperti fuel pump yang sudah di jelaskan di atas komponen ini tidak akan bisa menyuplai bbm ke injektor ketika tidak ada arus listrik yang mengalir, sedangkan komponen yang menyimpan tegangan listik adalah aki, maka apabila aki tekor otomatis tegangan listrik yang di butuhkan oleh komponen tersesebut  tidak memenuhi kebutuhan hal ini akan menghambat jalanya proses pembakaran sehingga dapat menyebabkan motor injeksi mati secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi motor injeksi yang mogok di sebabkan oleh aki tekor? caranya cukup dengan memutar enkol berulang-ulang sambil di click starter, tujuanya agar tegangan listrik dalam aki yang kosong dapat terisi,lalu coba hidupkan motor anda.


4.Masalah pada sensor

Seperti yang sudah di kita bahas di awal pada mesin injeksi terdapat banyak sensor yang terhubung ke alat kontrol ECU,ketika terdapat masalah pada salah satu sensor otomatis sistem yang di kirim ke ecu tidak normal sehingga menyebabkan mesin injeksi mati.

Masalah seperti ini bisa di sebabkan karna adanya kerusakan pada sensor atao ada kabel sensor yang terputus yang disebabkan oleh gigitan tikus atao terkena panas dari bodi mesin. Kendala ini biasanya di tandai dari lampu cek engine yang menyala.

Yang perlu anda lakukan ialah priksa semua rangkaian kabel yang menuju ke sensor apakah ada yang putus ato tidak, jika tidak ada maka bisa saja kerusakan berasal dari sensor, solusinya sebaiknya bawa ke tenaga ahlinya untuk di cek kondisi sensor mana yang rusak menggunkan scener

5.Motor kehabisan bensin

Ini sering terjadi pada pengendara, bisa saja karna lelae atao tidak menyadari kalo isi bensin di tangki habis, jika pada motor karburator motor yang kehabisan bensin tinggal di isi kembali maka motor akan mudah di hidupkan, berbeda dengan motor injeksi yang susah di hidupkan saat ke habisan bensin sebab dalam sistem injeksi menggunkan tekanan dalam mengalirkan bbm, ketika pasokan bensin tidak ada maka yang masuk ke selang hanya udara sehingga bisa menghalangi tekanan bahan bakar yang akan masuk.

Untuk cara mengatasi motor injeksi yang mogok karna kehabisan bensin itu cukup mudah yaitu tinggal memutar kontak dari of ke posisi on,lakukan ini berulang-ulang
agar bahan bakar bisa terpompa masuk.


6.Masalah pada sikring

Setiap kendaraan motor pasti di lengkapi dengan yang namanya sikring, yaitu komponen untuk memutus dan penghubungkan arus listrik dari aki yang akan menuju ke sistem kelistrikan,ketika sikring ini tidak berfungsi otomatis arus listrik yang masuk akan berhenti sehingga semua sistem yang membutuhkan tegangan listrik tidak bisa beroprasi akibatnya motor injeksi tidak bisa hidup, hal ini bisa di sebabkan karna goncangan ketika melewati jalan berlubang sehingga posisi sekring tidak sperti semula di karnakan kendor sehingga mudah goyah,ini bisa terjadi pada motor matic seperti beet.

Solusinya ialah buka penutup sikring lalu priksa jika keadanya masih normal pasang kembali rapatkan posisinya agar kembali seperti smula namun jika sudah rusak ganti dengan sikring baru.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara menghidupkan motor injeksi yang mogok semoga bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

5PENYEBAB MOTOR MATIC BERDENGUNG

6 Penyebab Motor Kurang Tenaga saat di Tanjakan

Bunyi Klotok-Klotok Dari Dalam Cvt Berikut ini Penyebabnya