5 PENYEBAB PENGAPIAN KECIL PADA MOTOR
Sparkblug atao yang kita kenal busi,yaitu komponen yang mempunyai 2bagian elektrolida yang terhubung dengan kabel koil sebagae penghantar tegangan listrik
lalu arus listrik tersebut akan melompat dari elektrolida tengah ke elektro negatif busi, lompatan bunga api inilah yang akan membakar bahan bakar dan udara di dalam ruang pembakaran sehinga mesin bisa hidup.
lalu arus listrik tersebut akan melompat dari elektrolida tengah ke elektro negatif busi, lompatan bunga api inilah yang akan membakar bahan bakar dan udara di dalam ruang pembakaran sehinga mesin bisa hidup.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan pengapian motor kecil, untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.
Penyebab dan cara mengatasi pengapian motor kecil
1.Kondisi busi yang kurang baik
Seperti yang sudah di jelaskan diatas fungsi busi ini sebagai komponen yang meloncatkan bunga api yang akan membakar bahan bakar di ruang bakar, dalam kerjanya ketika mesin hidup komponen ini akan slalu memercikan api sehingga lama-kelamaan pada bagian elektrolida busi akan mengalami ke ausan atao celah busi semakin melonggar akibatnya nyala api yang dihasilkan tidak bisa mencukupi kebutuhan dalam pembakaran.
selain itu busi yang kotor juga bisa menghalangi percikan api yang keluar sehingga nyala busi menjadi kecil.
hal yang perlu anda lakukan ialah copot busi bersihkan bagian elektrolida yang kotor bisa menggunkan amplas atao bisa juga dengan membakar ujung elektrolida busi untuk mengeringkan,kemudian atur kerenggangan celah busi atao jika kondisinya sudah tidak baik ganti dengan busi baru.
2.Koil bermasalah
Pada sistem pengapian fungsi koil adalah untuk menghasilkan tegangan tinggi, maksudnya tegangan dari batre yang hanya 12 volt akan di naikan menjadi ribuan volt lalu di teruskan ke busi untuk meloncatkan bunga api, karna busi membutuhkan tegangan yang tinggi dalam melakukan proses kerja tersebut maka jika kondisi koil kurang baik otomatis akan berpengaruh terhadap tegangan tinggi yang di hasilkan imbasnya nyala api pada busi menjadi melemah.
Untuk pertolongan sementara silahkan copot busi lalu rapatkan celah busi tapi jangan sampai menempel hal ini agar tegangan yang mengalir menjadi kuat lalu pasang kembali.
Untuk pertolongan sementara silahkan copot busi lalu rapatkan celah busi tapi jangan sampai menempel hal ini agar tegangan yang mengalir menjadi kuat lalu pasang kembali.
3.Masalah pada pulser
Pungsi pulser adalah untuk menentukan waktu pada cdi dalam menylurkan arus yang akan di teruskan ke proses pengapian oleh busi,
bentuknya kecil tapi peranya cukup penting sebab jika rusak maka dapat menyebabkan motor mati tiba2, sebelum rusak parah pulser lemah biasanya di tandai performa motor yang menurun ketika melaju kencang motor seperti tersendat-sendat.
Untuk memeriksa dan memastikan pulser masih befungsi baik atao tidak yaitu dengan menggunakan alat avometer dengan cara tempelkaan jarum merah dan hitam pada terminal pulser, jika angka pad avometer menunjukan 400 ohm
Untuk memeriksa dan memastikan pulser masih befungsi baik atao tidak yaitu dengan menggunakan alat avometer dengan cara tempelkaan jarum merah dan hitam pada terminal pulser, jika angka pad avometer menunjukan 400 ohm
brati kondisi pulser masih baik namun jika kurang dari 400 bisa di pasatikan kondisnya sudah rusak maka segera ganti pulser yang baru.
4.Cdi lemah
Penyebab selanjutnya kaitanya tidak jauh dengan nomer tiga, sistem kelistrikan akan di salurkan oleh cdi setelah mendapat sinyal berdasarkan waktu yang telah di tentukan oleh pulser, fungsi dari cdi itu sendiri ialah untuk memutus dan menyalurkan arus listrik dan mengatur timing untuk menyalurkan api pada busi yang sudah di besarkan oleh koil untuk membakar bahan bakar di ruang bakar, namun jika kondisi cdi rusak atao lemah otomatis akan mempengaruhi nyala api yang di keluarkan oleh busi,untuk ciri-cirinya hampir sama dengan pulser yang lemah.
5.Sepul lemah
Penyebab terahir yang membuat nyala api busi kecil ialah terjadi masalah pada sepul. spul adalh suatu komponen yang sangat penting karna fungsinya sebagai sumber arus untuk pengisian, pengapian, dan penerangan. Banyak atao sedikitnya lilitan tembaga di dalam komponen ini sangat berpengaruh terhadap besar atao kecinya tegangan yang di haslilkan dan apabila rusak maka bisa berimbas pada klistrikan termasuk pengapian sebab tegangan yang di suplay akan berhenti akibatnya semua komponen terkait tidak bisa bekerja dengan baik bahkan mesin susah hidup karna pengapian yang tidak normal.
Lantas bagemana ciri2 spul yang sudah lemah ini?
Lantas bagemana ciri2 spul yang sudah lemah ini?
Berikut ulasanya
Sepul yang lemah biasanya di tandai semua komponen klistrikan tidak bisa bekerja dengan baik seperti lampu yang redup bunyi klakson yang tidak biasanya dan aki yang cepat drof, sementara untuk fisik sepul yang lemah sangat mudah di ketahui yaitu terlihat gosong pada lilitan tembaga sepul.
Demikianlah sedikit pembahasan tentang penyebab pengapian motor kecil, Jika artikel ini bermanfa'at silahkan di share ke teman-teman anda di sosial media.
Sepul yang lemah biasanya di tandai semua komponen klistrikan tidak bisa bekerja dengan baik seperti lampu yang redup bunyi klakson yang tidak biasanya dan aki yang cepat drof, sementara untuk fisik sepul yang lemah sangat mudah di ketahui yaitu terlihat gosong pada lilitan tembaga sepul.
Demikianlah sedikit pembahasan tentang penyebab pengapian motor kecil, Jika artikel ini bermanfa'at silahkan di share ke teman-teman anda di sosial media.