Fungsi Dan Cara Kerja Kiprok Pada Sepeda Motor

autoinset-Sistem kelistrikan pada sepeda motor terdiri dari beberapa komponen dan setiap masing2 komponen? mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda,seperti kiprok, meski namanya sudah tidak begitu asing di telinga kita mungkin saja masih banyak yang belum tau mengenai "fungsi dari komponen kiprok" nah berkut ini kita simak ulasan tentang  fungsi kiprok dan juga cara kerjanya.

Kiprok adalah merupakan komponen yang di gunakan untuk mengelola sistem kelistrikan dimana secara tehnis kiprok bisa di sebut dengan rectifier yang artinya mengubah arus dan regulator mengatur arus. 

Pengertian dua nama di atas dapat di jelaskan sebage berikut, 

rectifier. adalah suatu bagian yang berfungsi untuk mengubah arus listrik dari sepul yang semula AC (altrnating Current)/arus bolak balik menjadi satu arah yakni DC (Direct Cirrent) dengan cara melewatkan aliran listrik haya satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya.

Perlu di ketahui bahwa arus listrik yang bisa di simpan oleh aki adalah arus yang berbentuk DC jadi tidak bisa jika arus dari sepul langsung masuk ke aki,sebab arus listrik yang berasal dari sepul adalah arus yang yang masih AC yaitu arus bolak balik yang mempunyai gelombang berubah-ubah bisa menjadi positif bisapula negativ,dengan adanya kiprok maka arus listrik yang semula tidak teratur maka akan di arahkan mengikuti jalurnya dengan cara mengalirkan dan menghambat arus listrik sesuwe dengan muatannya, lebih jelasnya kiprok akan memastikan bahwa arus  yang bermuatan positif dan negativ selalu tetap pada posisinya.

regulator. yang artinya mengatur arus.pada sa'at mesin motor di oprasikan maka sepul akan selalu menghasilkan tegangan listrik sedangkan aki akan terisi penuh saat sudah melewati batas waktunya,jika pengisian terjadi terus menerus maka akan membuat aki overcarge ato pengisian yang berlebihan yang bisa menyebabkan kerusakan pada cell aki  dan membuatnya menggelembung,oleh sebab itu ketika pengisian aki sudah penuh maka secara otomatis kiprok akan menghentikan arus listrik yang menuju ke aki dan mengalihkan arus listrik tersebut ke tempat lain lalu akan mengisinya kembali saat aki sudah molai berkurang.


Fungsi lain dari kiprok ialah untuk menjaga kesetabilan arus listrik yang menuju ke lampu. 
Seperti yang kita ketahui kebanyakan lampu bohlam depan pada motor menggunakan arus AC dimana kebutuhan listriknya di suply langsung dari sepul sehingga besar dan kecilnya arus yang mengalir selalu mengikuti putaran mesin, semakin kencang putaran maka arus tersebut akan semakin besar sehingga bisa menyebabkan bohlam terbakar, disinilah fungsi kiprok yaitu untuk mengatur arus yang masuk agar sesuwai dengan kebutuhan bohlam tersebut.

itulah sedikit pembahasan mengenai fungsi kiprok dan cara kerjanya, semoga arikel ini bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5PENYEBAB MOTOR MATIC BERDENGUNG

6 Penyebab Motor Kurang Tenaga saat di Tanjakan

Bunyi Klotok-Klotok Dari Dalam Cvt Berikut ini Penyebabnya