9 Komponen Penting Dalam Pengapian Motor

pengapian merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk menghasilkan listrik bertegangan tinggi agar bisa menciptakan loncatan bunga api di dalam ruang bakar. 

pengapian pada motor kebanyakan menggunakan sistem CDI dimana sistem ini terbuat menjadi dua bagian yakni CDI AC yang menggunakan arus listrik langsung berasal dari sepul, dan CDI DC yaitu menggunanakan arus melalui kiprok.

Proses kerja pengapian cdi ac ataopun dc terdiri dari berbage macam komponen dimana setiap masing2 komponen akan bekerja sama satu sama lain secara cepat dalam mendukung kinerjanya,lalu apa saja "komponen2 pengapian pada motor ini?" nah untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak ulasanya di bawah ini.

1.Pulser

Komponen pertama dalam sistem pengapian motor ialah pulser,komponen ini terbuat dari bahan besi dan maghnet dengan dililitan kawat tembaga yang halus yang nantinya untuk mengatur kapan listrik akan di alirkan dengan cara mendeteksi piston melalui magnet,arus listrik yang mengalir akan di kirim ke cdi dan tci untuk proses pengapian. Lebih jelasnya fungsi utama pulser ini ialah untuk mengirimkan sinyal dengan waktu yang tepat dalam timing pengapian.


2. Cdi

Cdi merupakan komponen yang sangat vital dalam sistem pengapian,fungsi utamanya ialah untuk mengatur waktu,kapan waktuya busi meloncatkan bunga api di dalam ruang bakar.


3.Coil

Nama komponen pengapian selanjutnya ialah coil,fungsi komponen ini untuk meneruskan serta memperbesar tegangan listrik dari aki untuk di salurkan ke busi,komponen ini bisa menaikan tegangan listrik dari batre yang hanya 12volt menjadi ribuan volt,daya voltase yang baik maka akan menghasilkan api yang baik pula oleh sebab itu komponen ini juga merupakan komponen terpenting dalam sistem pengapian karna pengaruhnya sangat besar terhadap kinerja dan performa motor


4.Sepul

Fungsi sepul ialah untuk mengubah putaran encol menjadi tegangan listrik yang akan di gunakan oleh semua sistem kelistrikan dan juga pengapian,komponen ini terbuat dari bahan tembaga yang di lilitkan dengan bentuk kumparan dan di lengkapi mahnet.

5.Konci contak

Kontak murapakan komponen utama dalam pengapian sebab tanpa adanya komponen ini maka motor tidak bisa di hidupkan, komponen ini berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dalam sepeda motor

6.Sekring

Kerjanya hampir sama dengan konci kontak ini juga merupakan komponen penting dalam pengapian sebab saat sekring ini di cabut maka seistem pengapian tidak bisa bekerja


7.Aki

Selain untuk menampung dan menyediakan tegangan listrik? aki juga menjadi sumber pengapian terlebih pada motor injeksi yang 
sangat membutuhkan arus listrik dalam mengaktifkan ecu.


8.Cop dan kabel busi

cop merupakan tempat untuk menghubungkan antara kabel dan ujung busi dalam menyalurkan arus listrik dari coil,keduanya memiliki peran penting dallam sistem pengapian oleh itu pemasangan cop ini tidak boleh asal2an 


9.Busi

Komponen yang terbuat dari besi dan di lapisi bahan kramik ini? merupakan komponen terakhir dalam sistem pengapian  sebab terjun langsug didalam pembakararan,fungsi dari komponen ini  ialah untuk merubah tegangan listrik menjadi percikan api untuk membakar bahan bakar dan udara yang sudah terkompresi,percikan api yang keluar dari ujung kepala busi merupakan percikan elektrik dari hasil tegangan listrik yang sudah di besarkan oleh coil.

Itulah beberapa pengetahuan mengenai pengapian,semoga informasi yang saya sebutkan di atas dapat bermanfaat buat anda2 semua yang ingin tau tentang komponen pengapian dalam sepeda motor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5PENYEBAB MOTOR MATIC BERDENGUNG

6 Penyebab Motor Kurang Tenaga saat di Tanjakan

Bunyi Klotok-Klotok Dari Dalam Cvt Berikut ini Penyebabnya