Cara Kerja Transmisi Otomatis Pada Motor Matic

Apa itu transmisi otomatis-
Transmisi adalah alat untuk menyalurkan tenaga dari mesin berdasarkan kondisi tertentu,transmisi pada motor matic menggunakan cvt (continous variable transmision) yaitu komponen untuk meneruskan putaran dari mesin dengan membentuk transmisi otomatis.

"Cara kerja transmisi otomatis pada motor matic ialah memanfaatkan puley primary yang terletak di bagian depan cvt dan terhubung dengan puley sekondary melalui sabuk karet bernama v-belt" 

Kedua buah puley ini memiliki perubahan diameter yang berparyasi,bisa mengecil dan juga membesar menyesuwekan tinggi dan rendahnya putaran mesin, artinya saat rpm rendah ato stasioner Maka Puley depan pada cvt akan berputar dan koping ikut berputar namun belum terhubung dengan kloud hosing karna putaranan masih lambat sehingga gerak putar puley belum tersalurkan ke roda,namun pada sa'at rpm tinggi maka primere shave pada puley belakang akan mengembang sehingga merubah diameter v-belt yang berada di secondary menjadi besar sedangkan sekondari shve akan mengecil dan mebuat ukuran v-belt yang berposisi di sekondary shave semakin mengecil,ini terjadi ketika biji roler memberikan dorongan keluar sehingga mangkok di primary shave terdorong dan membuat vbelt bergerak keluar lalu berputar, kondisi seperti itu membuat kampas kopling mengembang sehingga permukaan kampas kopling  menekan cloud hosing ato mangkok kopling dan terjadilah gerak sentrifugal /menjauh dari pusat putaran, gerak ini menyebabkan cloud hosing ikut berputar mengikuti putaran puley lalu menyebabkan perubahan ke gardan sehingga roda bisa berputar, semakin tinggi putaran maka dorongan kampas komping untuk menekan rumahnya semakin kuwat sehingga menambah laju kecepatan motor,lalu saat kecaptan molai berkurang maka bagian drive dan driven akan membuka tutup sehingga membuat gerak roda dari mesin setengah tertahan atao intilahnya brike enggine.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai bagaemana transimsi otomatis pada sepeda motor bekerja, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5PENYEBAB MOTOR MATIC BERDENGUNG

6 Penyebab Motor Kurang Tenaga saat di Tanjakan

Bunyi Klotok-Klotok Dari Dalam Cvt Berikut ini Penyebabnya