CARA MENYETEL KARBURATOR MOTOR DENGAN BENAR

seting karburator-Karburator adalah komponen yang sangat penting bagi motor,bertugas sebagai pemasok bahan bakar kedalam silinder,
lalu mengaturnya kedalam saluran hisap terhadap perbandingan antara bensin &udara kemudian mencampurnya secara merata.
penyetelan karburator seperti?
pilot jet, main jet, &jarum sekep,
masing2 harus disetel dengan benar,
jika tidak! maka bisa menyebabkan pembakaran tidak ideal /tidak sempurna
yang akan berakibat.
  •  panas tidak sesuai yang di inginkan di dalam mesin.                  
  • Sisa-sisa dari pembakaran menempel dalam piston dan melekat pada pembuangan,karna  tidak terbakar dengan sempurna.                                    
  • lama-lama sisa pembakaran menjadi keras dan menempel pada piston &dinding silinder,maka bisa menghalangi pelumasan sehingga menyebabkan keausan pada komponen mesin.



Seblum kita melanjutkan ke pembahasan utama? tidak ada salahnya kalo kita sedikit mengenal komponen didalam karburator agar lebih memahami di dalam melakukan penyetelan.
untuk jenis komponenya terdiri dari?

  1. float chamber /mangkok karburator
  2. jarum pelampung 
  3. pelampung 
  4. sekep 
  5. main jet  
  6.  jarum sekep 
  7. induk main jet 
  8. setasioneser
  9. baut gas
  10. baut udara 
  11. cuk.
sebelas komponen di atas memiliki fungsi dan peranya masing2 didalam mengatur bahan bakar udara. 
maka sebelum melakukan penyetelan  sebaiknya buka &besihkan dulu isi dalam karburator untuk mempermudah dalam mengetahui setingan sudah tepat / belum,bersihkan juga filter atao saringan udara dari debu dan kotoran yang bisa menghalangi masuknya udara bersih.setelah proses pembersihan selesai dan karburator sudah terpasang dengan benar,selanjutnya mari kita lakukan tahap penyetelan.alat yang akan di gunakan adalah obeng untuk memutar2 baut.
Lihat gambar di bawah ini

Cara menyetel karburator motor dengan benar


Yang perlu Anda perhatikan adalah dua baut, yaitu setelan gas dan angin posisi baut gas terletak lurus di tengah dekat kabel gas, sedangkan baut setelan angin terletak di sebelah kiri.

berikut cara setelnya.
  1. Pastikan motor menggunakan setandar 2 hal ini untuk mempermudah dalam melakukan penyetelan.  
  2. Kemudian hidupkan motor anda,penyetelan karburator harus dilakukan dalam kondisi mesin motor hidup.                 
  3. Putar baut setelan gas kearah kanan kira kira satu setengah putaran, dengan memutarnya ke arah kanan maka posisi baut akan semakin masuk kedalam sehingga menekan katup gas.                        
  4. lalu putar Tutup baut angin,dengan memutar nya maka ini akan menutup saluran udara yang menuju mesin                            
  5. selanjutnya putar Buka baut angin sampai rpm paling tinggi.                                                     
  6.  turunkan setelan gas &atur agar seimbang jangan sampai mati                      
  7. yang terahir.mengontrol setelan sudah benar atao blum dengan cara?tarik dan lepas gas jika dari dalam knalpot terdengar suara nembak-nembak brarti setelan masih belum tepat.bisa juga dengan cara menarik gas berlahan sambil di rasakan dimana suara mberbetnya tarik terus sampai rpm tinggi jika masih terdengar mberebet itu menandakan campuran angin dan bbm didalam karburator blum seimbang,maka perlu dilakukan penyetelan ulang.setingan karburator yang pas adalh ketika gas ditarik pelan-pelan &dirasakan dari rpm rendah sampai naik rpm tertinggi tarikan semakin kencang maka suara makin melengking &tidak ada mberebet lagi.
lalu bagaimana cara setel jarum skep? ini akan kita bahas pada artikel mendatang.
demikianlah penjelasan tentang cara menyetel karburator motor,selamat mencoba.

Postingan populer dari blog ini

5PENYEBAB MOTOR MATIC BERDENGUNG

6 Penyebab Motor Kurang Tenaga saat di Tanjakan

Bunyi Klotok-Klotok Dari Dalam Cvt Berikut ini Penyebabnya